Home | About Me | Contact | Sitemap | Link Exchange

Baca Ini

|

Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?

Tahukah Kamu apa Advertising Itu ? - Advertising

A. Apakah yang dimaksud dengan Periklanan (Advertising).

Periklanan yang diambil dari bahasa Prancis avertir yang berarti to notify atau memberitahukan.

AMA( American Marketting Association) mengatakan bahwasannya Periklanan adalah berbagai bentuk presentasi /penyampaian informasi tentang barang , pelayanan, dan ide-ide yang sifatnya non personal dan didasarkan pada suatu pembayaran oleh sponsor yang diketahui Identitasnya.

William Spriegel mengatakan bahwasannya periklanan adalah berbagai bentuk presentasi barang ataupun jasa yang sifatnya non personal yang dibiayai dan ditujukan kepada suatu kelompok.

Ada pendapat lainnya yang mengatakan bahwasanya periklanan merupakan suatu bentuk pengkomunikasian pengertian dengan tujuan mempengaruhi.

Pengertian lainnya mengatakan bahwasannya periklanan adalah suatu kegiatan pengontrolan informasi dan persuasi lewat media massa.

Dari pengertian diatas maka dapat diambil pengertian baru yaitu periklanan adalah berbagai bentuk kegiatan komunikasi massa yang dibiayai dalam usaha menyampaikan informasi dan mempersuasi masyarakat mengenai ide , barang ataupun jasa dimana pihak yang menyampaikan informasi dan yang mempersuasi itu dapat dikenali dari pesan yang disampaikan.

B. Sejarah Periklanan (Advertising )

Jejak-jejak sejarah periklanan setidaknya sudah ada pada massa 5000 tahun yang lau, sama tuanya dengan sejarah perdagangan yang dilakukan oleh manusia, dimulai sejak zaman Babilonia kuno, Mesir kuno, Yunani kuno dan romawi kuno dan terus berkembang sampai sekarang di masyarakat modern dengan berbagai bentuknya.

Untuk mengetahui perkembangan bentuk awal dari periklanan dan media yang digunakan maka bisa kita mulai dari zaman Babilonia kuno dimana dari sisa reruntuhan kerajaan menara babil dan artefak-artefak telah diketemukan sebuah lembaran tanah liat (terra-Cotta) berisi informasi tentang penyalur obat saleb, penulis, dan tukang sepatu. Untuk memberikan informasi barang dagangannya, para pedagang pada masa itu menggunakan tanda-tanda dari (terra-Cotta) di depan pintu rumahnya dalam sejarah tercatat berkisar pada massa 3000 SM(bentuk ini berupa gambar karena pada saat itu kemampuan membaca masih sangat kurang hal ini merupakan cikal bakal poster pamflet dan iklan yang berupa selembaran).

Mesir menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster yang berisi pengunguman tentang pemberian hadiah bagi yang dapat mengembalikan budak-budak yang melarikan diri, bukti ini diketemukan di reruntuhan kota Thebes(tibe). Pesan papirus ini juga menampilkan kampanye politik dan diketemukan di reruntuhan Pompeii dan kuno Saudi. iklan papirus juga umum di gunakan Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Selain papirus pada masa ini juga ada juga bentuk pesan-pesan yang menarik yaitu dengan memasang lempengan –lempengan batu yang disebut dengan stelae (stone bill board) pada jalan-jalan utama atau pada tempat-tempat strategis. Tradisi ini dapat ditelusuri kembali ke India dimana seni batuan lukisan yang ada berkisar sudah pada 4000 SM. Jadi dapat dikatan bahwa stelae atau billboard merupakan bentuk tertua iklan dalam sejarah(merupakan awal mula billboard zaman sekrang yang biasa kita lihat).

Kegiatan periklanan semakin berkembang di Yunani kuno dengan adanya tukang teriak kota (town criers).tukang teriak kota ini di iringi dengan satu pemusik dalam menyebarkan informasi yang dimilikinya dan tukang teriak kota ini menjadi medium paling awal untuk pengumuman –pengumuman masayrakat di banyak Negara-negara eropa dan di gunakan selama berabad-abad(menjadi inspirasi adanya iklan radio).

Di romawi juga ada peninggalan periklanan yang tidak kalah penting berupa terra-cotta yang berlukiskan gambar-gambar kegiatan pencapaian usaha mereka dan lukisan ini juga di buat di tembok-tembok untuk membantu memasarkan produk mereka kedepannya.

Sistem periklanan diatas adalah masa-masa awal adanya iklan dan menjadi inspirasi perekembangan bentuk iklan di masa sekrang dan menurut Williams F. Arens ia menyatakan dalam bukunya contemporary advertising bahwasanya perkembangan iklan dari zaman dahulu ada lima tahap yaitu adalah sebagai berikut :

· Era Pre Industrial =periode ini berlangsung sampai abad ke 17 setelah diketemukannya kertas di cina oleh Tsai Lun (1275) dan ditemukannya mesin cetak di jerman oleh Johan Gutenberg(1450).Penemuan ini merubah secara drastis bentuk periklanan dari zaman kuno yang sudah bertahan selama 4500tahun tanpa ada perubahan(stagnan).pada era ini pertama kalinya di Jerman media massa dari hasil percetakan mencantumkan iklan obat kesehatan dan inilah sejarah awal perkembangan periklanan pada media massa zaman modern sekarang.

· Era Industrislizing = era ini dimulai ketika diketemukannya mesin uap oleh jame watt(1769) yang kemudian melahirkan revolusi industry masa berakhirnya era ini ialah ketika perang dunia 1. Pencapaian yang berrti dalam bidang periklanan pada zaman ini adalah dengan adanya mesin uap yang menggerakan pabrik maka produksi missal pun dapat di kerahkan dengan cepat serta pendistribusian produk bisa sesuai waktu sehingga pada saat itu inggris menjadi Negara yang memimpin industry periklanan di dunia namun setelah pemerintah menerapkan pajak yang sangat besar pada periklanan terjadilah kerisis yang sangat parah dalam bidang ini sehingga pada tahun 1776 revolusi amerika menjadikan Negara ini kekuatan ekonomi baru dengan nilai-nilai kebebasan yang diusungnya.Tahun 1841 muncullah biro iklan pertama di philadhelpia yang dipelopori oleh Volney B. Palmer karena saat itu tingkat permintaan di amreka pada bidang periklanan sangat tinggi.Pada masa zaman perang dunia ke 1 (1917) seiring dengan ditemukannya radio dan film kini fungsi iklan bukan hanya sekedar untuk produk komersial namun juga digunakan untuk pemerintah dalam mengajak membela bangsa dan beberapa kegiatan non komersil lainnya.

· Era Image advertising = dalam era ekonomi modern maka banyak kesadaran dari industry-industri di Negara maju untuk mengubak konsep produksinya menjadi konsep penjualan dimana sudah bukan sekedar jumlahnya saja namun tingkat harga dan kualitas produk semakin diperhatikan oleh para produsen serta periklanannya pun kini sudah bertarget skala nasional.era ini diwarnai juga dengan berkembangnya iklan televise dan radio dimana periklanan televise pada awal 1940an menjadi sangat popular karena dengan adanya kesadaran konsumen dengan menaikkan status sosialnya dengan menggunakan produk tertentu maka akhirnya diawal 1950an muncul zaman keemasan periklanan baru yaitu segmentasi konsumen dimana iklan yang awalnya untuk sekedar memberikan informasi produk kini telah dirubah untuk menjadi suatu sarana pencitraan produk dan zaman ini menjadi kulminasi dari revolusi creative iklan.

· Era post industrial = Era ini dimulai pada tahun 1980-an dimana pada saat itu terjadi krisis energy sehingga para industry mulai menerepakan konsep demarketting (bertujuan mengurangi permintaan dari bagian pasar yang kurang menguntungkan atau kurang membutuhkan pelayanan) sehingga periklanan juga digunakan untuk member informasi pada para konsumen untuk tetap menggunakan barang-barang yang lama jika masih bisa bekerja dengan catatan karena produk mereka aman untuk lingkungan hal ini terjadi karena selain krisis energy para industry mulai sadar kan bahayanya kegiatan mereka bagi kondisi alam.PAda masa ini mulai muncul perusahaan multinasional sehingga dari konsep strategi demarketting ini digunakan dalam iklan untuk strategi bersaing terhadap para kompetitornya.

· Era Global interactive = perkembangan era 21 zaman membawa pengaruh yang sangat besar pada dunia periklanan dimana yang semulanya televise hanya digunakan untuk iklan masaal kini dengan adanya stelit dan tv kabel sehingga para konsumen bisa menonton acara dengan spesifik maka peluang ini digunakan perusahaan untuk mengiklankan produknya pada acara tv kabel yang sesuai dengan segmentasi perusahaan. Perkembangan internet pun membuat iklan menjadi lebih mudah dan murah sehingga semenjak era televise yang sangat prospektiv dalam periklanan kini bergeser ke era internet.

Lima hal diatas adalah perkembangan yang terjadi pasca zaman kuno dalam periklanan menurut Williams F. Arens namun untuk dapat membuat lebih spesifiknya dan simple ada pendapat dari J. Thomas Russell dan W. Ronald Lane dalam bukunya Advertising Procedure dimana sejarah pemasaran dibagai menjadi tiga tahap yaitu sebagai berikut :

Ø Era prapemasaran = Dimulai semenjak manusia menggunakan alat-alat perimitif pemasaran (abad 18)yaitu seperti selembaran dari tanah liat, tukang teriak kota dan media-media zaman kuno pada saat itu , era ini berakhir semenjak ditemukannya konsep percetakan.

Ø Era Komunikasi = Dimulai pertengahan abad 18 sampai decade-dekade awal ini dimana komunikasi – komunikasi semakin bagus dan diketemukannya konsep segmentasi dan penggunaan media penyiaran dan percetakan.

Ø Era Penelitian = decade-dekade sbelumnya merupakan awal mula technologi dalam memaksimalkan periklanan dan pad aera ini dengan adnya internet maka merupakan masa penyempurna periklanan yang ada di zaman modern ini.

C.Media Periklanan

Dari sejarah yang telah di iklankan diatas maka kita dapat mengklasifikasikan bentuk periklanan sebagai berikut :

1.Iklan Digital > merupakan iklan dengan menggunakan media Televisi dalam memasarkan produk.kelebihannya untuk periklanan massal bersekalan nasional kelemahannya mahal.

2.Iklan Radio > ialah siaran iklan menggunakan gelombang radio ke udara dari pemancar ke antena dan dengan demikian ke perangkat penerima( konsumen). Kelebihannya dapat menjangkau sekala regional bahkan nasional tergantung skala penyebaran gelombang radio kelemahannya keterbatasan penerima glombang jelas atau tidaknya menerima gelombang yang di sampaikan.

3.Iklan Online > Iklan online adalah suatu bentuk peromosi yang menggunakan internet dan web yang disajikan secara menarik untuk menarik konsumen.Kelebihannya dapat menjangkau sekala multinasional bahkan internasional kelemahannya sangat banyak pesaing yang lebih interactive dan creative dalam mengiklankan produknya sehingga jika tertinggal perkembangan zaman iklan kita akan using dan kurang menarik.

4. Iklan Terselubung > Iklan yang biasanya disisipkan dalam hiburan dan media. Contohnya adalah dalam sebuah film, karakter utama dapat menggunakan item atau lainnya dari merek tertentu, seperti dalam film Minority Report , dimana Tom Cruise karakter 's John Anderton memiliki telepon dengan Nokia logo dengan jelas ditulis di sudut atas, atau arlojinya diukir dengan Bulgari logo. Kelebihan periklanan ini menjangkau skla nasional maupun multinasional bahkan sampai pada tahapan internasioanal tergantung sebarapa banyak negar dan lokasi film itu di putar selain itu iklan ini juga memiliki kelebihan dengan akan selalu teringat karena ketika konsumen membicarakan film yang popular dan ada iklan terselubung maka tanpa sadar produk yang dipasarkan akan menjadi trend center selama film itu popular tetapi iklan ini juga memiliki kelemahan selain durasinya yang sangat pendek juga sangat mahal sebagi salah satu sponsor film.

5. Iklan Fisik > dibagi menjadi 4 tipe yaitu

a. iklan Tekan menggambarkan iklan di media cetak seperti Koran, Majalah atau jurnal perdagangan.mencakup sekala nasional dan multinasional kelemahnnya space terlalu keci jika membayar sedikit.

b. Billboard iklan: Panpan Iklan merupakan struktur besar yang terletak di tempat-tempat umum yang menampilkan iklan untuk pejalan kaki dan pengendara yang lewat. Mencakup sekala regional dan seiring berjalannya waktu maka konsumen akan mengingat produk dengan sendirinya kelemahannya biaya mahal.

c.Mobile Billboard umumnya kendaraan terpasang billboard atau layar digital. biasanya terdapat pada kendaraan khusus dibangun semata-mata untuk membawa reklame di sepanjang rute dipilih sebelumnya oleh klien, mereka juga bisa secara khusus dilengkapi truk kargo atau, dalam beberapa kasus, spanduk besar bertebaran dari pesawat.Kelebihan dan kekurangannya sama dengan poin B namun lebih mempunyai durasi yang sangat cepat karena bentuk iklan bergerak.

D. Street iklan Jenis iklan ini pertama kali menjadi terkenal di Inggris oleh Street Jasa Periklanan untuk membuat iklan outdoor pada furnitur jalan dan trotoar. Bekerja dengan produk seperti Reverse Grafiti dan iklan trotoar 3d, media menjadi alat yang terjangkau dan efektif untuk mendapatkan pesan merek keluar ke ruang publik.kelebihan dan kekurangannya sama dengan poin B hanya berbeda media saja.

6.Selebriti Branding > Jenis iklan memfokuskan pada menggunakan kekuatan selebriti, ketenaran, uang, popularitas untuk mendapatkan pengakuan untuk produk mereka dan mempromosikan toko atau produk spesifik.

D.Teori – teori Periklanan

Setelah memahami pengertian , Sejarah dan bentuk-bentuk Iklan maka kini kita sebaiknya juga memahami apa sebenarnya fungsi iklan itu sendiri dengan mempelajari teori-teori periklanan dibawah ini:

1.Hirarki model efek

Hal ini menjelaskan tujuan dari kampanye iklan dan iklan untuk setiap individu. Model ini menunjukkan bahwa ada enam langkah seorang konsumen atau bergerak bisnis pembeli melalui ketika melakukan pembeliandan menurut Kotler Langkah-langkah tersebut adalah:

A. Kesadaran akan kebutuhan

B. Mencari Pengetahuan tentang produk yang diinginkan dan mencari alternative

C. Mengevaluasi barang yang diinginkan dari alternative yang ada

D. Melakukan pembelian

E. Evaluasi pasca pembelian.

2.Sarana dan Teori

Pendekatan ini menunjukkan bahwa iklan / Advertising harus berisi pesan atau berarti konsumen yang mengarah ke keadaan akhir yang diinginkan.

3.Leverage Poin

Hal ini dirancang untuk memindahkan konsumen dari pemahaman manfaat produk untuk menghubungkan manfaat tersebut dengan nilai-nilai peribadi.

Oleh Sigit Haryo Digdoyo

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?
Ditulis oleh Ira Yuniarti
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://auto-advertising.blogspot.com/2012/10/tahukah-kamu-apa-advertising-itu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog

Auto Financial Advertising

tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Tahukah Kamu apa Advertising Itu ? ini bermanfaat untuk anda.
Title Post:
Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?

URL Post:
http://auto-advertising.blogspot.com/2012/10/tahukah-kamu-apa-advertising-itu.html

0 komentar:

Post a Comment