Home » Indonesia » Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?
Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?
Tahukah Kamu apa Advertising Itu ? -
A. Apakah yang dimaksud dengan Periklanan (Advertising).
Periklanan yang diambil dari bahasa Prancis avertir yang berarti to notify atau memberitahukan.
AMA( American Marketting Association) mengatakan bahwasannya Periklanan
adalah berbagai bentuk presentasi /penyampaian informasi tentang barang , pelayanan, dan
ide-ide yang sifatnya non personal dan didasarkan pada suatu pembayaran
oleh sponsor yang diketahui Identitasnya.
William Spriegel mengatakan bahwasannya periklanan adalah berbagai bentuk
presentasi barang ataupun jasa yang sifatnya non personal yang dibiayai
dan ditujukan kepada suatu kelompok.
Ada pendapat lainnya yang mengatakan bahwasanya periklanan merupakan
suatu bentuk pengkomunikasian pengertian dengan tujuan mempengaruhi.
Pengertian lainnya mengatakan bahwasannya periklanan adalah suatu
kegiatan pengontrolan informasi dan persuasi lewat media massa.
Dari pengertian diatas maka dapat diambil pengertian baru yaitu periklanan adalah berbagai bentuk kegiatan komunikasi massa yang
dibiayai dalam usaha menyampaikan informasi dan mempersuasi masyarakat
mengenai ide , barang ataupun jasa dimana pihak yang menyampaikan
informasi dan yang mempersuasi itu dapat dikenali dari pesan yang
disampaikan.
B. Sejarah Periklanan (Advertising )
Jejak-jejak sejarah periklanan setidaknya sudah ada pada massa 5000
tahun yang lau, sama tuanya dengan sejarah perdagangan yang dilakukan
oleh manusia, dimulai sejak zaman Babilonia kuno, Mesir kuno, Yunani kuno
dan romawi kuno dan terus berkembang sampai sekarang di masyarakat
modern dengan berbagai bentuknya.
Untuk mengetahui perkembangan bentuk awal dari periklanan dan media yang
digunakan maka bisa kita mulai dari zaman Babilonia kuno dimana dari
sisa reruntuhan kerajaan menara babil dan artefak-artefak telah
diketemukan sebuah lembaran tanah liat (terra-Cotta) berisi informasi
tentang penyalur obat saleb, penulis, dan tukang sepatu. Untuk memberikan
informasi barang dagangannya, para pedagang pada masa itu menggunakan
tanda-tanda dari (terra-Cotta) di depan pintu rumahnya dalam sejarah
tercatat berkisar pada massa 3000 SM(bentuk ini berupa gambar karena
pada saat itu kemampuan membaca masih sangat kurang hal ini merupakan
cikal bakal poster pamflet dan iklan yang berupa selembaran).
Mesir menggunakan papirus
untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster yang berisi pengunguman
tentang pemberian hadiah bagi yang dapat mengembalikan budak-budak yang
melarikan diri, bukti ini diketemukan di reruntuhan kota Thebes(tibe). Pesan papirus ini juga menampilkan kampanye politik dan diketemukan di reruntuhan Pompeii dan kuno Saudi. iklan papirus juga umum di gunakan Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Selain papirus
pada masa ini juga ada juga bentuk pesan-pesan yang menarik yaitu
dengan memasang lempengan –lempengan batu yang disebut dengan stelae
(stone bill board) pada jalan-jalan utama atau pada tempat-tempat
strategis. Tradisi ini dapat ditelusuri kembali ke India dimana seni batuan lukisan yang ada berkisar sudah pada 4000 SM. Jadi dapat dikatan bahwa stelae atau billboard merupakan bentuk tertua iklan dalam sejarah(merupakan awal mula billboard zaman sekrang yang biasa kita lihat).
Kegiatan periklanan semakin berkembang di Yunani kuno dengan adanya
tukang teriak kota (town criers).tukang teriak kota ini di iringi dengan
satu pemusik dalam menyebarkan informasi yang dimilikinya dan tukang
teriak kota ini menjadi medium paling awal untuk pengumuman –pengumuman
masayrakat di banyak Negara-negara eropa dan di gunakan selama
berabad-abad(menjadi inspirasi adanya iklan radio).
Di romawi juga ada peninggalan periklanan yang tidak kalah penting
berupa terra-cotta yang berlukiskan gambar-gambar kegiatan pencapaian
usaha mereka dan lukisan ini juga di buat di tembok-tembok untuk
membantu memasarkan produk mereka kedepannya.
Sistem periklanan diatas adalah masa-masa awal adanya iklan dan menjadi
inspirasi perekembangan bentuk iklan di masa sekrang dan menurut
Williams F. Arens ia menyatakan dalam bukunya contemporary advertising
bahwasanya perkembangan iklan dari zaman dahulu ada lima tahap yaitu
adalah sebagai berikut :
· Era Pre Industrial =periode ini berlangsung sampai abad ke 17
setelah diketemukannya kertas di cina oleh Tsai Lun (1275) dan
ditemukannya mesin cetak di jerman oleh Johan Gutenberg(1450).Penemuan
ini merubah secara drastis bentuk periklanan dari zaman kuno yang sudah
bertahan selama 4500tahun tanpa ada perubahan(stagnan).pada era ini
pertama kalinya di Jerman media massa dari hasil percetakan mencantumkan
iklan obat kesehatan dan inilah sejarah awal perkembangan periklanan
pada media massa zaman modern sekarang.
· Era Industrislizing = era ini dimulai ketika diketemukannya
mesin uap oleh jame watt(1769) yang kemudian melahirkan revolusi
industry masa berakhirnya era ini ialah ketika perang dunia 1.
Pencapaian yang berrti dalam bidang periklanan pada zaman ini adalah
dengan adanya mesin uap yang menggerakan pabrik maka produksi missal pun
dapat di kerahkan dengan cepat serta pendistribusian produk bisa sesuai
waktu sehingga pada saat itu inggris menjadi Negara yang memimpin
industry periklanan di dunia namun setelah pemerintah menerapkan pajak
yang sangat besar pada periklanan terjadilah kerisis yang sangat parah
dalam bidang ini sehingga pada tahun 1776 revolusi amerika menjadikan
Negara ini kekuatan ekonomi baru dengan nilai-nilai kebebasan yang
diusungnya.Tahun 1841 muncullah biro iklan pertama di philadhelpia yang
dipelopori oleh Volney B. Palmer karena saat itu tingkat permintaan di
amreka pada bidang periklanan sangat tinggi.Pada masa zaman perang dunia
ke 1 (1917) seiring dengan ditemukannya radio dan film kini fungsi
iklan bukan hanya sekedar untuk produk komersial namun juga digunakan
untuk pemerintah dalam mengajak membela bangsa dan beberapa kegiatan non
komersil lainnya.
· Era Image advertising = dalam era ekonomi modern maka banyak
kesadaran dari industry-industri di Negara maju untuk mengubak konsep
produksinya menjadi konsep penjualan dimana sudah bukan sekedar
jumlahnya saja namun tingkat harga dan kualitas produk semakin
diperhatikan oleh para produsen serta periklanannya pun kini sudah
bertarget skala nasional.era ini diwarnai juga dengan berkembangnya
iklan televise dan radio dimana periklanan televise pada awal 1940an
menjadi sangat popular karena dengan adanya kesadaran konsumen dengan
menaikkan status sosialnya dengan menggunakan produk tertentu maka
akhirnya diawal 1950an muncul zaman keemasan periklanan baru yaitu
segmentasi konsumen dimana iklan yang awalnya untuk sekedar memberikan
informasi produk kini telah dirubah untuk menjadi suatu sarana
pencitraan produk dan zaman ini menjadi kulminasi dari revolusi creative
iklan.
· Era post industrial = Era ini dimulai pada tahun 1980-an
dimana pada saat itu terjadi krisis energy sehingga para industry mulai
menerepakan konsep demarketting (bertujuan mengurangi permintaan dari
bagian pasar yang kurang menguntungkan atau kurang membutuhkan
pelayanan) sehingga periklanan juga digunakan untuk member informasi
pada para konsumen untuk tetap menggunakan barang-barang yang lama jika
masih bisa bekerja dengan catatan karena produk mereka aman untuk
lingkungan hal ini terjadi karena selain krisis energy para industry
mulai sadar kan bahayanya kegiatan mereka bagi kondisi alam.PAda masa
ini mulai muncul perusahaan multinasional sehingga dari konsep strategi
demarketting ini digunakan dalam iklan untuk strategi bersaing terhadap
para kompetitornya.
· Era Global interactive = perkembangan era 21 zaman membawa
pengaruh yang sangat besar pada dunia periklanan dimana yang semulanya
televise hanya digunakan untuk iklan masaal kini dengan adanya stelit
dan tv kabel sehingga para konsumen bisa menonton acara dengan spesifik
maka peluang ini digunakan perusahaan untuk mengiklankan produknya pada
acara tv kabel yang sesuai dengan segmentasi perusahaan. Perkembangan
internet pun membuat iklan menjadi lebih mudah dan murah sehingga
semenjak era televise yang sangat prospektiv dalam periklanan kini
bergeser ke era internet.
Lima hal diatas adalah perkembangan yang terjadi pasca zaman kuno dalam
periklanan menurut Williams F. Arens namun untuk dapat membuat lebih
spesifiknya dan simple ada pendapat dari J. Thomas Russell dan W. Ronald
Lane dalam bukunya Advertising Procedure dimana sejarah pemasaran
dibagai menjadi tiga tahap yaitu sebagai berikut :
Ø Era prapemasaran = Dimulai semenjak manusia menggunakan alat-alat
perimitif pemasaran (abad 18)yaitu seperti selembaran dari tanah liat,
tukang teriak kota dan media-media zaman kuno pada saat itu , era ini
berakhir semenjak ditemukannya konsep percetakan.
Ø Era Komunikasi = Dimulai pertengahan abad 18 sampai decade-dekade
awal ini dimana komunikasi – komunikasi semakin bagus dan diketemukannya
konsep segmentasi dan penggunaan media penyiaran dan percetakan.
Ø Era Penelitian = decade-dekade sbelumnya merupakan awal mula
technologi dalam memaksimalkan periklanan dan pad aera ini dengan adnya
internet maka merupakan masa penyempurna periklanan yang ada di zaman
modern ini.
C.Media Periklanan
Dari sejarah yang telah di iklankan diatas maka kita dapat mengklasifikasikan bentuk periklanan sebagai berikut :
1.Iklan Digital > merupakan iklan dengan menggunakan media Televisi
dalam memasarkan produk.kelebihannya untuk periklanan massal bersekalan
nasional kelemahannya mahal.
2.Iklan Radio > ialah siaran iklan menggunakan gelombang radio ke
udara dari pemancar ke antena dan dengan demikian ke perangkat penerima(
konsumen). Kelebihannya dapat menjangkau sekala regional bahkan nasional
tergantung skala penyebaran gelombang radio kelemahannya keterbatasan
penerima glombang jelas atau tidaknya menerima gelombang yang di
sampaikan.
3.Iklan Online > Iklan online adalah suatu bentuk peromosi yang
menggunakan internet dan web yang disajikan secara menarik untuk menarik
konsumen.Kelebihannya dapat menjangkau sekala multinasional bahkan
internasional kelemahannya sangat banyak pesaing yang lebih interactive
dan creative dalam mengiklankan produknya sehingga jika tertinggal
perkembangan zaman iklan kita akan using dan kurang menarik.
4. Iklan Terselubung > Iklan yang biasanya disisipkan dalam hiburan
dan media. Contohnya adalah dalam sebuah film, karakter utama dapat
menggunakan item atau lainnya dari merek tertentu, seperti dalam film
Minority Report , dimana Tom Cruise karakter 's John Anderton memiliki
telepon dengan Nokia logo dengan jelas ditulis di sudut atas, atau
arlojinya diukir dengan Bulgari logo. Kelebihan periklanan ini
menjangkau skla nasional maupun multinasional bahkan sampai pada tahapan
internasioanal tergantung sebarapa banyak negar dan lokasi film itu di
putar selain itu iklan ini juga memiliki kelebihan dengan akan selalu
teringat karena ketika konsumen membicarakan film yang popular dan ada
iklan terselubung maka tanpa sadar produk yang dipasarkan akan menjadi
trend center selama film itu popular tetapi iklan ini juga memiliki
kelemahan selain durasinya yang sangat pendek juga sangat mahal sebagi
salah satu sponsor film.
5. Iklan Fisik > dibagi menjadi 4 tipe yaitu
a. iklan Tekan menggambarkan iklan di media cetak seperti Koran, Majalah
atau jurnal perdagangan.mencakup sekala nasional dan multinasional
kelemahnnya space terlalu keci jika membayar sedikit.
b. Billboard iklan: Panpan Iklan merupakan struktur besar yang terletak
di tempat-tempat umum yang menampilkan iklan untuk pejalan kaki dan
pengendara yang lewat. Mencakup sekala regional dan seiring berjalannya
waktu maka konsumen akan mengingat produk dengan sendirinya kelemahannya
biaya mahal.
c.Mobile Billboard umumnya kendaraan terpasang billboard atau layar
digital. biasanya terdapat pada kendaraan khusus dibangun semata-mata
untuk membawa reklame di sepanjang rute dipilih sebelumnya oleh klien,
mereka juga bisa secara khusus dilengkapi truk kargo atau, dalam
beberapa kasus, spanduk besar bertebaran dari pesawat.Kelebihan dan
kekurangannya sama dengan poin B namun lebih mempunyai durasi yang
sangat cepat karena bentuk iklan bergerak.
D. Street iklan Jenis iklan ini pertama kali menjadi terkenal di
Inggris oleh Street Jasa Periklanan untuk membuat iklan outdoor pada
furnitur jalan dan trotoar. Bekerja dengan produk seperti Reverse
Grafiti dan iklan trotoar 3d, media menjadi alat yang terjangkau dan
efektif untuk mendapatkan pesan merek keluar ke ruang publik.kelebihan
dan kekurangannya sama dengan poin B hanya berbeda media saja.
6.Selebriti Branding > Jenis iklan memfokuskan pada menggunakan
kekuatan selebriti, ketenaran, uang, popularitas untuk mendapatkan
pengakuan untuk produk mereka dan mempromosikan toko atau produk
spesifik.
D.Teori – teori Periklanan
Setelah memahami pengertian , Sejarah dan bentuk-bentuk Iklan maka kini
kita sebaiknya juga memahami apa sebenarnya fungsi iklan itu sendiri
dengan mempelajari teori-teori periklanan dibawah ini:
1.Hirarki model efek
Hal ini menjelaskan tujuan dari kampanye iklan dan iklan untuk setiap
individu. Model ini menunjukkan bahwa ada enam langkah seorang konsumen
atau bergerak bisnis pembeli melalui ketika melakukan pembeliandan
menurut Kotler Langkah-langkah tersebut adalah:
A. Kesadaran akan kebutuhan
B. Mencari Pengetahuan tentang produk yang diinginkan dan mencari alternative
C. Mengevaluasi barang yang diinginkan dari alternative yang ada
D. Melakukan pembelian
E. Evaluasi pasca pembelian.
2.Sarana dan Teori
Pendekatan ini menunjukkan bahwa iklan / Advertising harus berisi pesan atau berarti konsumen yang mengarah ke keadaan akhir yang diinginkan.
3.Leverage Poin
Hal ini dirancang untuk memindahkan konsumen dari pemahaman manfaat
produk untuk menghubungkan manfaat tersebut dengan nilai-nilai peribadi.
Oleh Sigit Haryo Digdoyo
Judul: Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?
Ditulis oleh Unknown
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://auto-advertising.blogspot.com/2012/10/tahukah-kamu-apa-advertising-itu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog
Auto Financial Advertising
tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Tahukah Kamu apa Advertising Itu ? ini bermanfaat untuk anda.Title Post:
Tahukah Kamu apa Advertising Itu ?
URL Post:
0 komentar:
Post a Comment