Home | About Me | Contact | Sitemap | Link Exchange

Baca Ini

|

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga -

Adalah salah satu hal yang bisa menjadi sangat rumit. Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga, dan terutama ini akan banyak dialami oleh keluarga muda, pada beberapa tahun awal sejak pernikahan diresmikan dan hidup sebagai sebuah keluarga. Mungkin saya, anda dan banyak orang lainnya akan selalu berfikir, seandainya mempunyai penghasilan yang besar lebih dari cukup, keuangan rumah tangga akan dengan mudah diatasi. Tetapi ternyata tidak demikian kenyataannya.

Dan yang paling sering terjadi adalah, masalah bukan pada berapa penghasilan keluarga, tetapi pada bagaimana mengatur keuangan rumah tangga. Dan banyak menurut para pakar keuangan, banyak kesalahan dalam mengelola uang yang menyebabkan kerumitan dan bahkan terlilit hutang yang semakin menumpuk. Ketika sebuah kenyataan, seorang laki-laki dengan penghasilan ratusan juta rupiah dalam sebulan, masih juga kekurangan dan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam rumah tangganya.

Cara mengatur keuangan rumah tangga 

Dan berikut ini ada beberapa cara yang mungkin anda akan berkata,"ini sudah biasa dan umum" tetapi kemudian bertanya lagi kepada diri sendiri,"Apakah saya sudah menjalani hal biasa dan umum ini dengan benar?"

1. Mengetahui dengan jelas tentang semua masalah keuangan rumah tangga kita,

Berapa jumlah tabungan, berapa tagihan listrik, telepon, belanja kebutuhan pokok, dan juga berapa hutang yang harus dibayar, jumlah tagihan kartu kredit misalnya.

2. Membuat anggaran dan menyusun keuangan secara realistis,

Secukupnya dan bukan semaunya, serta mencegah untuk berlebihan. Tidak dipungkiri ketika sebuah keluarga juga membutuhkan rekreasi, atau seorang istri perlu kosmetik yang baru, tetapi tentunya semua harus secukupnya, bukan semaunya. Menetapkan rencana keuangan sesuai dengan anggaran pendapatan, dan yang tidak kalah penting adalah disiplin untuk mematuhinya.

3. Ada perbedaan besar antara kebutuhan dan keinginan,

Ini mungkin akan menjadi salah satu hal pokok yang harus selalu kembali kita masukkan dalam rencana sebelum benar-benar membuat undang-undang keuangan keluarga yang harus benar-benar dipatuhi.

4. Katakan tidak pada hutang.

Meskipun demikian besarnya godaan untuk kredit suatu barang, terutama untuk hal yang kurang begitu dibutuhkan, sebaiknya dihindari sampai bisa membelinya secara kontan.

5. Menabung, 

Kemudian menabung dan kembali menabung.

6. Investasi, ini adalah cara untuk mengembangkan keuangan anda.

Tetapi harus lebih jeli dan sangat hati-hati dalam memilih jenis investasi. Mungkin anda berpikir untuk melakukannya di bidang emas, bisa coba dilihat di investasi emas dan cara investasi emas. Tetapi, ini juga menurut seorang pakar investasi, melakukan investasi adalah hal setelah siapnya uang darurat.

Itulah beberapa hal pokok seputar cara mengatur keuangan rumah tangga sebuah keluarga, semoga sedikit tips tersebut bisa menjadi referensi bagi anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Ditulis oleh Ira Yuniarti
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://auto-advertising.blogspot.com/2012/11/caramengaturkeuanganrumahtangga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog

Auto Financial Advertising

tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini bermanfaat untuk anda.
Title Post:
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

URL Post:
http://auto-advertising.blogspot.com/2012/11/caramengaturkeuanganrumahtangga.html

0 komentar:

Post a Comment