Home | About Me | Contact | Sitemap | Link Exchange

Baca Ini

|

Karakter Penabung, Termasuk Tipe Manakah Anda?

Karakter Penabung, Termasuk Tipe Manakah Anda? - Gajian adalah hari yang paling disukai dan dinanti-nanti tiap bulannya oleh kita semua. Bagaimana tidak, karena setelah kita bekerja selama sebulan penuh pastinya ingin dong menikmati hasil kerja keras kita tersebut. Ada banyak daftar yang harus kita penuhi dengan uang gaji tersebut antara lain untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, kasih ke orang tua, bayar berbagai macam tagihan, menabung dll.


Satu hal yang menjadi sorotan penting dalam daftar di atas adalah menabung. Sebagian dari kita pasti sering dan senang melakukannya. Ada beberapa tujuan penting kenapa kita harus menabung antara lain adalah untuk mempersiapkan dana pendidikan anak (bagi yang sudah punya anak tentunya), untuk masa depan yang lebih baik dan yang terpenting adalah persiapan untuk dana darurat. Bahkan ada yang bilang menabung adalah salah satu langkah awal kita mencapai Finansial Freedom.


Ngomong-ngomong tentang menabung ternyata menurut survei ada dua tipe kebiasaan orang dalam hal menabung :

Kebiasaan Menabung


  • Tipe pertama atau kita sebut Tipe A, adalah orang yang membelanjakan lebih dahulu apa yang dia hasilkan dan mencoba menabung apa yang tersisa.

  • Sedangkan Tipe kedua atau Tipe B, adalah orang yang menabung lebih dahulu apa yang dihasilkannya. lalu membelanjakan apa yang tersisa.

Jika dilihat bahwa Tipe B-lah yang lebih baik dalam hal mengelola uang mereka, yakni Tipe B sudah berkomitmen untuk menyisihkan terlebih dahulu dana yang mereka terima untuk ditabung berapapun besarnya (standarnya 10%-30%) baru memakai sisanya. Karena mereka yakin dengan berkomitmen seperti itu beberapa rencana besar mereka akan terwujud.

Dan sebaliknya dengan si Tipe A yang memakai terlebih dahulu yang mereka hasilkan baru menabung apa yang tersisa. Namun agaknya sulit pada kebiasaan ini untuk dapat menabung, mereka hanya benar-benar akan menabung bila ada sisanya, jika tidak berarti tidak akan ada yang ditabung. Dan kebiasaan ini mungkin yang banyak kita jumpai di masyarakat kita mulai dari golongan bawah hingga golongan atas pun memiliki kebiasaan seperti ini, maka pantas saja pernah ada survei dari majalah SWA pada tahun 2004 yang menyatakan bahwa "80% Eksekutif Terancam Miskin di Hari Tua" karena mereka Konsumtif, Besar Pasak daripada Tiang.

Lalu kira-kira kita berada di tipe yang mana yah?

Apabila kita saat ini adalah si Tipe A berarti kita harus segera merubah kebiasan ini. Memang menghilangkan sebuah kebiasaan bukan hal yang sangat mudah, perlu suatu kemauan dan komitmen yang kuat untuk merubahnya. Berikut beberapa Tips yang dapat membantu merubah kebiasaan tersebut :


  1. Setelah terima gaji kurangi terlebih dahulu sebesar 10-30% untuk ditabung, sisanya baru belanjakan terutama gunakan untuk membayar kewajiban-kewajiban yang harus dibayar terlebih dahulu.
  2. Buka rekening atau instrumen investasi baru yang bersifat jangka panjang misalnya tabungan berjangka, reksadana atau asuransi unit link. Saran saya sebaiknya di Asuransi Unit Link. Karena selain Tabungan / investasi yang akan kita dapat, kita akan mendapatkan perlindungan kesehatan juga. Jadi apabila di tengah jalan kita sakit tabungan / investasi Asuransi Unit Link kita tidak terpakai.
  3. Manfaatkan fasilitas auto debet rekening tabungan anda yang lama untuk mengisi rekening atau instrument investasi baru tersebut. Jadi kita ga perlu repot untuk setor tiap bulannya & pastinya tidak akan lupa setor.
  4. Buat sebuah rencana jangka panjang yang ingin kita capai & tentukan berapa nilainya. misalnya ingin beli rumah senilai 200jt, persiapan kuliah anak senilai 300jt, atau persiapan pensiun 1 Milyar dll. Ini bertujuan agar kita termotivasi & bersemangat untuk disiplin menabung.
  5. Tentukan berapa lama waktu yang ingin kita capai untuk mewujudkan impian tersebut. Dengan menentukan lamanya berarti kita bisa menghitung berapa jumlah yang harus kita tabung.

Nah...mudah2an artikel & tips ini bisa merubah kebiasaan kita dalam menabung, silakan jika punya saran atau pendapat untuk dapat di bagi-bagi diblog ini. Terima kasih
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Karakter Penabung, Termasuk Tipe Manakah Anda?
Ditulis oleh Ira Yuniarti
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://auto-advertising.blogspot.com/2012/11/karaktertipepenabungmanakahanda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog

Auto Financial Advertising

tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Karakter Penabung, Termasuk Tipe Manakah Anda? ini bermanfaat untuk anda.
Title Post:
Karakter Penabung, Termasuk Tipe Manakah Anda?

URL Post:
http://auto-advertising.blogspot.com/2012/11/karaktertipepenabungmanakahanda.html

0 komentar:

Post a Comment