Home | About Me | Contact | Sitemap | Link Exchange

Baca Ini

|

Betapa Bernilainya Diri Anda

Betapa Bernilainya Diri Anda -

Segala sesuatu baik benda bergerak maupun tidak bergerak pastinya memiliki nilai, baik benda mati apalagi mahluk bernyawa juga memiliki nilai. Nilai yang akan dimaksud disini adalah nilai ekonomis. 
Sebagai contoh untuk benda mati adalah kendaraan mobil, motor, atau benda berwujud lainnya (fixed assets) dapat dihitung nilai ekonomisnya. Namun seperti diketahui fixed assets tersebut semakin lama nilainya akan semakin menurun, atau disebut juga akan mengalami penyusutan seiring dengan usia dan penggunaan benda tersebut, kecuali untuk tanah yang tidak mengalami penyusutan. Secara umum untuk menghitung nilai ekonomis fixed assets tersebut sudah banyak orang yang mengetahui cara perhitungannya.

Tapi apakah sudah banyak pula dari antara kita yang tahu bagaimana menghitung nilai ekonomis dari setiap orang. Dalam tulisan ini, penulis akan membahas lebih dalam bagaimana untuk menghitung nilai ekonomis dari diri kita sendiri. Pada dasarnya setiap diri manusia memiliki nilai, namun saja kita tidak menyadarinya. Setiap diri kita memiliki nilai yang tidak ternilai harganya jika dipandang dari sudut intangibles value. Tetapi secara tangibles value, kita dapat mencoba menilai diri kita berdasarkan nilai ekonomis. Apakah yang dimaksud nilai ekonomis?
Nilai ekonomis dari setiap orang adalah semua resources (input) yang secara potensial dihasilkan oleh orang tersebut yang akan menghasilkan output yang dapat dirasakan bagi dirinya dan semua orang, khususnya orang-orang yang bergantung padanya. Misalnya, seorang suami atau ayah yang menjadi tulang punggung keluarga, dimana kebutuhan hidup keluarga bergantung pada sang suami atau ayah selaku kepala keluarga. Namun bayangkan jika terjadi kehilangan sumber penghasilan atau musibah yang menimpa kepada kepala keluarga, bagaimana nasib dan masa depan anggota keluarga yang ditinggalkannya? Bagaimana kelurga tersebut dapat tetap menjalankan roda kehidupannya secara normal?
Kita selaku manusia tidak bisa memprediksi kapan hal buruk menimpa dari masing-masing kita, namun diri kita sudah siap dengan melakukan antisipasi kedepan dengan mengalihkan resiko ekonomis kepada pihak lain. Dimana nilai ekonomis kita tergantikan oleh pihak penerima resiko, sehingga penerima manfaat ekonomis kita tidak mengalami penurunan secara finansial.
Beberapa metode perhitungan nilai ekonomis dari setiap diri kita :

1. Human Life Value

Metode ini berdasarkan income bulanan dikali lama dana tersedia untuk menopang hidup, tanpa memperhitungkan faktor tingkat bunga.
Misalkan; income 5 juta per bulan, umur ekonomis untuk menopang keluarga 10 th. Maka nilai ekonomis = 5 juta x 12 bln x 10 tahun atau sama dengan 600 juta.

2. Income Based Value

Metode ini memperhitungkan besarnya bunga atau return jika penghasilan kita disimpan dalam bank.
Contoh; Untuk menghasilkan bunga sebesar 5 juta (income bulanan), asumsi bunga 5%. Maka nilai ekonomis yang kita harapkan sebesar 600 juta dibagi 5% atau sama dengan 1,2 milyar.

3. Financial Needs Based Value

Besar nilai ekonomis minimal sama dengan besarnya uang kebutuhan saat ini (present value) dikali 150%. Sedang nilai ekonomis maksimal adalah sebesar uang di masa mendatang (future value) x 80%.  

Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca melakukan penilaian secara ekonomis terhadap diri masing-masing dan tentunya juga melakukan evaluasi atas pola kehidupan masing-masing. Perencanaan ini tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan penghematan dalam melakukan pengeluaran 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Betapa Bernilainya Diri Anda
Ditulis oleh Ira Yuniarti
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://auto-advertising.blogspot.com/2012/12/betapa-bernilainya-diri-anda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog

Auto Financial Advertising

tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Betapa Bernilainya Diri Anda ini bermanfaat untuk anda.
Title Post:
Betapa Bernilainya Diri Anda

URL Post:
http://auto-advertising.blogspot.com/2012/12/betapa-bernilainya-diri-anda.html

0 komentar:

Post a Comment